Thursday, December 17, 2015

Sifat Jujur Sangat Penting dalam Hidup Bermasyarakat

Menjadi bagian dari masyarakat, maka seyogyanya kita sebagai makhluk sosial harus siap bergaul dengan mereka secara baik. Berbuat baik terhadap saudara, teman, lingkungan keluarga dan masyarakat sangat dianjurkan dalam islam, sehingga keberadaan manusia juga harus mampu bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Pendidikan islam telah mengajarkan kepada setiap manusia untuk senantiasa menanamkan nilai-nilai kebaikan dimanapun berada, termasuk sifat jujur harus selalu ditanamkan pada diri seseorang.

Kita harus belajar dari sosok terbaik sepanjang masa, yakni Rasullullah, Muhammad SAW, yang dalam kesehariannya ia selalu bersifat jujur, amanah, cerdas, dan dapat menjalankan semua aktivitas harian dengan penuh rasa tanggungjawab, kesatria perang, dan mampu mengubah dunia dengan nuansa islam, di seluruh penjuru dunia.

Sifat jujur adalah salah satu kebaikan yang harus kita junjung. Beberapa manfaat ketika kita melakukan sifat jujur adalah kita mudah bergaul dengan orang lain, mudah dipercayai oleh orang lain, hidup akan menjadi rukun dan damai, serta banyak menyebabkan teman yang menyukai kejujuran kita dalam segala hal.

Jadi sudah seharusnya sifat jujur harus ditanamkan dalam diri dan aktivitas sehari-hari kita. Semoga kita semua selalu dalam lingkungan Allah SWT, dan ditunjukkan jalan kebenaran menuju cahaya iman yang kuat..aamiin.

No comments:

Post a Comment