Tuesday, October 20, 2015

Pengolahan Data Kemenarikan model pembelajaran TPS

       Pengolahan Data Kemenarikan Model Pembelajaran TPS

Penyebaran angket dilakukan untuk mengetahui kemenarikan model pembelajaran TPS.  Angket ini berisikan 10 pernyataan, 4 pernyataan negatif, dan 6 pernyataan positif.
1.      Item pernyataan
          Tabel  Pernyataan angket tanggapan siswa.
No
Pernyataan
Pilihan
S
TS
1
Saya senang mempelajari materi pokok ekosistem melalui pembelajaran yang diberikan oleh guru



2
Saya lebih mudah memahami materi yang dipelajari  melalui pembelajaran yang diberikan oleh guru.



3
Saya bingung dalam menyelesaikan  masalah melalui pembelajaran yang diberikan oleh guru.



4
Saya lebih mudah mengerjakan soal-soal setelah belajar dengan  pembelajaran  yang diberikan oleh guru.



5
 Saya merasa bosan dalam proses belajar melalui  pembelajaran yang diberikan oleh guru.



6
Pembelajaran yang diberikan kepada saya dapat  meningkatkan semangat/motivasi belajar saya .



7
Saya belajar menggunakan kemampuan sendiri melalui  pembelajaran  yang diberikan oleh guru.



8
Saya merasa sulit berinteraksi dengan teman dalam  proses pembelajaran yang berlangsung.



9
Saya merasa sulit mengerjakan soal-soal di LKS melalui pembelajaran  diberikan oleh guru.



10
Saya dapat berinteraksi dengan teman dalam proses pembelajaran melalui pembelajaran yang diberikan oleh guru.




     2. Skor angket
Tabel  Skor tiap pernyataan tanggapan siswa terhadap model     
              pembelajaran kooperatif tipe TPS

No
Pernyataan
Skor
1
0
1
Saya senang mempelajari materi pokok ekosistem melalui pembelajaran yang diberikan oleh guru

S
TS
2
Saya lebih mudah memahami materi yang dipelajari  melalui pembelajaran yang diberikan oleh guru.

S
TS
3
Saya bingung dalam menyelesaikan  masalah melalui pembelajaran yang diberikan oleh guru.

TS
S
4
Saya lebih mudah mengerjakan soal-soal setelah belajar dengan  pembelajaran  yang diberikan oleh guru.

S
TS
5
 Saya merasa bosan dalam proses belajar melalui  pembelajaran yang diberikan oleh guru.

TS
S
6
Pembelajaran yang diberikan kepada saya dapat  meningkatkan semangat/motivasi belajar saya .

S
TS
7
Saya belajar menggunakan kemampuan sendiri melalui pembelajaran  yang diberikan oleh guru.

S
TS
8
Saya merasa sulit berinteraksi dengan teman dalam  proses pembelajaran yang berlangsung.

TS
S
9
Saya merasa sulit mengerjakan soal-soal di LKS melalui pembelajaran  diberikan oleh guru.

TS
S
10
Saya dapat berinteraksi dengan teman dalam proses pembelajaran melalui pembelajaran yang diberikan oleh guru.

S
TS

 Skor 1 (satu) untuk menyatakan setuju bagi pernyataan positif dan tidak setuju bagi pernyataan negatif. Skor 0 (nol) untuk menyatakan tidak setuju bagi pernyataan positif dan setuju bagi pernyataan negatif.  Jumlah skor setiap angket dihitung untuk mengetahui tanggapan masing-masing siswa tentang kemenarikan model pembelajaran TPS. Menghitung skor yang diperoleh dalam bentuk persentase. Teknik ini sering disebut dengan teknik deskriptif kualitatif dengan persentase. Adapun rumus untuk analisis deskriptif persentase menurut Ali (1992: 46) adalah :
Presentase kemenarikan model pembelajaran TPS(%)  =  × 100%
Keterangan:  n   = Nilai yang diperoleh sampel
                N  = Nilai yang semestinya diperoleh sampel
                %  = Persentase kemenarikan model pembelajaran TPS

Tabel  5 : Kriteria Tingkat Kemenarikan model pembelajaran TPS

No
Rentang skor
Interval
Kriteria
1
16 - 23
76< % ≤ 100%
Tinggi
2
8 - 15
51< % ≤ 75%
Sedang
3
0 - 7
25< % ≤ 50%
Rendah
     Sumber : Dimodifikasi dari Ali (1992:46)



No comments:

Post a Comment