Tuesday, October 20, 2015

PENGERTIAN HASIL BELAJAR MENURUT PARA AHLI PENDIDIKAN

      Hasil Belajar Menurut Para Ahli Pendidikan
Proses belajar akan menghasilkan hasil belajar. Sardiman (2003: 28) menjelaskan bahwa hasil belajar meliputi: a) hal ihwal keilmuan dan pengetahuan, konsep atau fakta (kognitif), b) hal ihwal personal, kepribadian, atau sikap (afektif), c) hal ihwal kelakuan, keterampilan, atau penampilan (psikomotorik). Lebih lanjut, Sardiman (2003: 29) menyebutkan bahwa ketiga hasil belajar di atas dalam pengajaran merupakan tiga hal yang secara perencanaan dan programatik terpisah, namun dalam kenyataannya pada diri siswa akan merupakan satu kesatuan yang utuh dan bulat.

Anderson (dalam Widodo, 2006: 140) menguraikan dimensi proses kognitif pada taksonomi Bloom Revisi baru yang mencakup beberapa komponen penting, diantaranya adalah: 1) menghafal (remember), yaitu menarik kembali informasi yang tersimpan dalam memori jangka panjang, 2) memahami (understand), yaitu mengkonstruk makna atau pengertian berdasarkan pengetahuan awal yang dimiliki, atau mengintegrasikan pengetahuan yang baru ke dalam skema yang ada dalam pemikiran siswa, 3) mengaplikasikan (apply), yaitu penggunaan suatu prosedur guna menyelesaikan masalah atau mengerjakan tugas, 4) menganalisis (analyze), yaitu menguraikan suatu permasalahan atau obyek ke unsur-unsurnya dan menentukan bagaimana saling keterkaitan antar unsur-unsur tersebut, 5) mengevaluasi (evaluate), yaitu membuat suatu pertimbangan berdasarkan kriteria dan standar yang ada, dan 6) membuat (create), yaitu menggabungkan beberapa unsur menjadi suatu bentuk kesatuan.


Menurut Hamalik (2004: 30), hasil belajar akan tampak pada setiap perubahan pada aspek-aspek berikut ini: 1) pengetahuan, 2) pengertian, 3) kebiasaan, 4) keterampilan, 5) apresiasi, 6) emosional, 7) hubungan sosial, 8) jasmani, etis atau budi pekerti, dan 10) sikap.

No comments:

Post a Comment