Sunday, October 11, 2015

Membiasakan Diri Patuh dan Hormat Terhadap Perintah Ortu

Sebagai seorang anak yang telah mendapatkan pendidikan sejak di jenjang pendidikan terendah sampai tertinggi, tentu seorang anak telah dibekali oleh guru-gurunya untuk selalu berbuat baik, patuh dan hormat terhadap ortu (orang tua). Orang tua adalah emas permata yang tak ternilai harganya. Jasa-jasanya sangat banyak diberikan kepada kita sebagai seorang anak.

Sebelum kita lahir di dunia ini, seorang ayah dan ibu selalu berusaha mencari rezeki, mencari sesuap nasi dan lauk beserta sayur mayurnya untuk dikonsumsi keluarga dan ibu yang sedang mengandung. Nutrisi yang terdapat pada makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu hamil tentu akan berefek juga terhadap janin yang dikandungnya. Jika makanan dan dikonsumsi salah atau tidak memenuhi syarat higienis, maka juga dapat mempengaruhi kesehatan janin saat di dalam rahim ibu atau setelah keluar bebas di dunia ini.

Sembilan bulan lamanya, seorang ibu mengandung diri kita yang saat ini telah menjadi anaknya. Lelah tidak juga diperlihatkannya. Karena kesabaran seorang ibulah kita dapat terlahir di dunia ini dengan kondisi baik,meskipun ada saudara kita lainnya yang masih memiliki beberapa kecacatan saat kelahiran dulunya.

Setelah kita dilahirkan, maka seorang ibu merawat dan mendidik kita dari segala segi kehidupan. Perlahan tapi pasti, segala ilmu pengetahuan, cara dan contoh yang diberikan ayah dan ibu sangat berarti bagi kehidupan kita, meskipun saat kita sudah dewasa seringkali kita terkadang memberontak terhadap orang tua, berkata kotor, menghina atau bersikap cuek meskipun sebenarnya kita yang salah, namun terkadang kita merasa paling benar (egois), dan tidak pernah mau patuh, hormat, dan menjadi pendengar yang baik.

Patuh dan hormat terhadap perintah orang tua selama perintah itu mengajak terhadap prilaku yang terpuji tentu sangat dianjurkan dalam kehidupan islam. Islam sedemikian kompleksnya mengatur kehidupan manusia mulai dari hal-hal yang sifatnya sepele hingga hal-hal yang besar, semua itu diatur secara rapih dalam agama islam hingga bagaimana setiap permasalahan yang menghadang selalu diberikan solusi terbaik, karena izin-Nya.

Sebagai anak, mari kita bersama-sama untuk senantiasa patuh dan hormat kepada orang tua, perlahan-lahan tapi pasti dan terbukti ada perubahan yang positif dalam diri kita, karena bagaimanapun juga orang tua kita adalah emas permata yang telah berjasa dalam hidup kita. Sehebat apapun kita jika tidak ada restu orang tua, bisa jadi hidup kita akan menjadi merana. Karena doa ayah dan ibu terhadap anak sangat manjur dan mudah diijabah (dikabulkan) oleh Allah Sang Maha Pencipta alam semesta ini.

No comments:

Post a Comment