Monday, October 12, 2015

4 Cara Efektif Menjadi Anak Berprestasi, Sukses Dunia & Akhirat

Menjadi anak yang baik, rajin, dan berprestasi sangatlah menjadi primadona dan harapan dari semua orang, baik yang masih anak-anak, muda, maupun yang telah dewasa. Kunci menjadi orang sukses dan berprestasi karena ketekunan dan kerajinan yang senantiasa mengiringi perjalanan hidup di dunia ini.

Apabila seseorang memiliki prilaku rajin, tentu berbagai macam prestasi akan segera menghampirinya dengan catatan ia mau berjuang untuk memperoleh prestasi yang diharapkan dengan segenap perjuangan maupun niatnya dengan baik.

Ada beberapa cara menjadi anak rajin dan berprestasi dunia dan akhirat menurut versi FPPI FKIP Unila.

1. Patuh dan Hormat Kepada Orang Tua

Patuh dan hormat terhadap orang tua sangat penting. Sehebat apapun Anda jika tidak patuh terhadap perintah orang tua (selama perintah itu baik) maka dimungkinkan perjalanan hidup Anda baik di dunia dan di akhirat kelak akan menjadi sia-sia tanpa doa restunya. Orang yang berprestasi tentu memiliki jiwa penghormatan terhadap orang tua yang tinggi. Karena dirinya percaya bahwa restu orang tua adalah restu untuk anak.

2. Berbakti Kepada Allah dan Rasul-Nya

Ternyata di balik kesuksesan seseorang ada dzat yang maha mengatur kesuksesan seseorang tersebut, yakni dikabulkannya doa karena sering mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sementara itu, keteladan yang dicontohnya dari teladan Rasulullah Muhammad SAW, adalah sebuah hal-hal positif yang harus dilakukan setiap hari tanpa henti. Pribadi seseorang yang berprestasi tentu akan senantiasa mendekatkan diri kepada Allah dan mencontoh hal-hal positif dalam ajaran islam mengikuti pola keteladanan Rasulullah Muhammad SAW. Sebagai contoh, tidak melupakan tugas dan kewajiban sebagai seorang muslim untuk senantiasa beribadah, shalat yang merupakan tugas utama/kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan oleh seorang muslim meskipun dirinya dihadapkan dengan berbagai persoalan duniawi.

3. Rajin dan Ulet

Ada pribahasa yang menyebutkan "Rajin Pangkal Pandai"?. Pribahasa tersebut ada benarnya, sebab siapapun yang ingin menjadi pandai bahkan menjadi orang yang sukses harus rajin, serta mengikuti banyak program belajar yang ditempuhnya baik di jenjang pendidikan formal (seperti di sekolah, madrasah, dan yang lainnya), maupun mengikuti pendidikan secara non-formal, dan lain sebagainya. Tujuan mengikuti pendidikan adalah untuk menjadi manusia yang berakhlak mulia, pribadi yang cakap, memiliki keterampilan yang memadai, berwawasan, sehingga mampu bersaing dengan negara-negara lain guna memajukan prestasi anak muda di kanca Internasional. Sebagai contoh, rajin dalam mengerjakan tugas dosen/guru di sekolah, mau melakukan eksperimen, dan lain sebagainya.

4. Managemen Waktu Yang Teratur

Orang sukses ternyata dirinya mampu mengatur waktu dengan baik, yakni dirinya mampu menentukan sikap, hal-hal yang menjadi prioritas utama dan mengerjakan hal-hal yang kurang prioritas berdasarkan pengaturan waktu yang dibuatnya sendiri atau memang sudah menjadi jadwal tugas tetap yang harus dikerjakan dengan waktu pengumpulan tertentu (sesuai dead line). Managemen waktu merupakan kunci sukses yang sangat penting untuk diperhatikan secara bersama-sama. Jika Anda ingin sukses, maka aturlah menagemen waktu hidup harian dengan benar. Sebagai contoh, aturlah waktu kapan Anda harus belajar dan mengulas kembali materi pelajaran dari guru/dosen, atau kapan saat Anda harus bermain, berkumpul dengan sanak family, dan yang lainnya.

Semoga ulasan tentang: "4 Cara Efektif Menjadi Anak Berprestasi, Sukses Dunia dan Akhirat". Semoga apa yang telah dibahas pada bagian di atas sangat bermanfaat. Salam sukses untuk kita semuanya.

No comments:

Post a Comment