Friday, February 15, 2013

Adab Terhadap AL-QURAN

(15/02/2013) Sebagai seorang muslim tentunya kita sudah mengetahui dan memahami tentang rukun iman dan rukun islam. Pada rukun iman tepatnya pada rukun 3 yang berbunyi iman kepada kitab-kitab allah swt , yang diturunkan ke bumi . Ada beberapa kitab yang kita ketahui selama ini yaitu Zabur, Taurat, Injil dan Al-quran. Dalam perjalanannya kitab yang menjadi mukjizat bagi ummat manusia adalah AL-quran karena al - quran merupakan kitab yang terakhir diturunkan bersama nabi terakhir nabi muhammad saw. AL-quran memiliki beberapa keutaman yang sangat bermanfaat bagi manusia antara lain , menenangkan hati yang gelisah, mencerdaskan bagi yang membacanya , menyembuhkan penyakit dan lain-lain.

Dengan adanya keutamaan yang didapatkan tersebut namun masih banyak muslimin yang tidak tahu bagaimana cara nya Adab memperlakukan al-quran . karena al-quran adalah kitab suci maka kita harus sungguh-sungguh dengan nya maka terdapatlah adab-adab memperlakukan al-quran.
yang pertama adalah meyakininya , dengan banyaknya gerakan yang menolak islamisasi terutama di belahan barat sejalan dengan itu banyak yang meragukan tentang kandungan al-quran yang kata mereka isinya tidak relevan. sebagai ummat muslim agar pemikiran kita tidak ternodai terhadap hal-hal yang akan menjauhkan diri kita dari allah swt maka perlakuan kita yang pertama terhadap al-quran adalah meyakininya bahwa al-quran benar adanya diturunkan untuk menyelamatkan manusia.

Yang kedua adalah membacanya, dengan membaca al-quran selain kita mendapat keutamaan yang telah disebutkan diatas , orang yang membaca al-quran mendapat ganjaran yang luar biasa di sisi allah. yang ketiga memahaminya , setelah mempercayai dan membaca nya agar tidak "terpeleset" pemikiran kita maka kita harus memahaminya bagaimana asal usul ayat al-quran, manfaat nya , ilmu nya, dll sehingga pemahaman kita utuh terhadap al-quran. yang terakhir adalah mengamalkannya, inilah yang sulit dalam adab al-quran yaitu mengamalkannya dengan kita mengamalaknnya kita berarti telah menegakkan agama dan kita telah membangun agama islam sesuai dengan hukum dan syariat nya yang sesuai dengan sumbernya.


(ref :  buku BBQ birohmah unila)

No comments:

Post a Comment